Semua Itu Ada Pemiliknya by Abi Zumi

Semua itu ada pemiliknya 🙂

Pembahasan ini saya sampaikan karna terkait dengan beberapa pertanyaan yang muncul dan karna banyak diantara kita yang lupa atau kurang serius mengajarkannya/mencontohkannya.

Sebaiknya disetiap rumah kita memiliki aturan main dan pemahaman yang sama bahwa segala sesuatu itu ada pemiliknya dan ada aturan terkait hal tersebut.

Sederhananya status kepemilikan itu ada 2 macam, ada milik pribadi ada milik umum. Beda nya milik umum bebas dipakai bersama -sama.

Aturan paling sederhana dan penting adalah kita tidak dibolehkan mengambil,menggunakan bahkan menyentuh barang yang bukan milik kita tanpa izin yang punya.

Dan sebaiknya hal ini kita ajarkan sejak dini dan kita contohkan didalam rumah tangga sedari dini. Karna ternyata kebiasaan ini cukup menentukan dan dapat terbawa hingga besar.

Karna menurut informasi yang pernah saya baca para koruptor, pencuri dan perampok. Diperkirakan sejak kecil tidak diajarkan terkait hal ini.

Sehingga terbiasa mengambil dan menggunakan hal-hal yang bukan miliknya dan terbawa hingga dewasa.dan merasa itu biasa saja dan tanpa rasa berdosa.

Hal itu dapat kita lihat, para koruptor yang tertangkap,masih dapat tersenyum dan tanpa rasa bersalah memperlihatkan wajahnya didepan kamera media.

Maka mulai saat ini ayoo kita biasakan dan ajarkan untuk meminta izin jika ingin memakai atau mengambil barang pribadi orang lain.

Dan harus jelas mana yang punya umum dan mana yang punya pribadi didalam rumah kita.kalau perlu dilabel atau disepakati bersama.

Adik minta izin kekakak jika ingin pinjem sepeda nya, begitu juga kakak atau abang jika ingin menyentuh mainan adik. Wajib izin dulu.

Termasuk juga kita, sebagai orang tua.memberikan contoh bagaimana sebaiknya. Karna anak-anak akan lebih mudah meniru jika kita contohkan.

Terlihat sepele dan sederhana,tapi insyaAllah jika kita biasakan sejak dini.manfaat dan kebaikannya akan terbawa hingga dewasa dan baik untuk masa depan putra putri kita.

Semoga bermanfaat dan menambah semangat.

Selamat mempraktekkan dan membiasakan. Semoga esok lebih baik.aamiin.

Silakan dishare jika dirasa bermanfaat dengan menyertakan sumbernya.

Wassalam

Abi Zumi
Admin grup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s