Ilmu Vs Masalah by Ayah Aburuzaiqy

​Ilmu vs Masalah
Setiap bertambah usia..maka tanggungjawab akan semakin besar, masalah akan semakin besar, dan akan menuntut solusi yang semakin besar pula…namun disaat masalah semakin membesar tidak diimbangi dengan ilmu yang semakin bertambah…ini baru namanya masalah diatas masalah…sebab kita tidak tahu apa sebenarnya masalah kita dan apa solusi terbaik dan tercepat dari masalah kita tersebut.
Yang jadi permasalahan bukanlah masalahnya…tapi bagaimana sikap kita dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Yang jelas hidup ini akan terus diiringi dengan masalah…baik masalah yang bisa diprediksi…maupun yang datang tanpa tanda.
Untuk menyelesaikan sebuah masalah, yang pertama kita harus tahu dulu apa sebenarnya masalah kita dan apa sumber masalahnya…
kita harus tahu dulu apa sumber penyebabnya, apakah dia masalah yang sebab atau akibat, apakah ini masalah yang memang karena kesalahan kita atau kita akibat dari kesalahan orang lain. 
yang jelas tidak ada 1 masalahpun yang datang kepada kita selain Allah Maha tahu dan Mengizinkan Masalah tersebut hadir kepada kita…dan tidak ada 1 masalahpun yang hadir pada kita, kecuali itu karena kelalaian dan kesalahan diri kita sendiri dan yang pasti kita lebih hebat dari setiap masalah yang datang menghampiri kita, sebab dengan masalah itu pula kita menjadi lebih besar, dewasa, bijaksana dan lebih kuat.
tapi ada yang juga harus kita perhatikan, sewaktu masalah itu hadir , maka selain harus terus berikhtiar menyelesaikannya, kita juga harus terus menuntut ilmu agar ilmu yang kita miliki bisa di atas masalah yang sedang kita hadapi hingga akhirnya masalah tersebut akhirnya “bukan” masalah lagi…tapi hanya membutuhkan waktu dan proses dalam penyelesaiannya.
Namun jika masalah lebih besar dari ilmu kita…inilah yang baru namanya masalah diatas masalah…sebab kita seperti meraba raba dalam menyelesaikan masalah tersebut…dan inilah biasanya yang menjadi sumber stress dan kepanikan kita…apalagi jika masalah tersebut sudah melibatkan pihak lain. 
untuk itu..ayo persiapkan diri untuk terus belajar…persiapkan diri untuk menjadi kita yang terbaik dimasa depan, terus belajar…agar tantangan yang menghadang dimasa depan dapat kita lewati dengan sebaik dan seelegan mungkin, 
seperti pepatah mengatakan…sedia payung sebelum hujan, pelajari ilmunya sebelum masalah dan tantangan datang menghampiri.
jadilah orang masa depan yang berada dimasa kini, jadilah lebih dewasa dan bijaksana melebihi usia dan keadaan kita.
persiapkan diri kita untuk menjadi diri kita terbaik di masa depan.
dan tentunya bagi kita yang sudah memiliki pasangan/suami atau istri, maka jadilah kita pasangan terbaiknya untuk sekarang dan masa depan.
begitu juga jika kita telah dianugrahkan keturunan yang ganteng dan cantik2…maka kita juga harus terus memberikan pendidikan terbaik pada setiap usianya dengan pendidikan yang terbaik dan tepat…sehingga anak anak kita dapat tumbuh berkembang minimal sesuai antara usia dengan kemampuannya, maksimal tentu mencapai kemampuan optimalnya di usia tumbuh kembangnya.

 

Kesimpulan akhirnya adalah…kita harus memiliki standar ilmu. Sesuaikan dengan usia, kemampuan, jabatan, kekayaan dan posisi kita…agar jangan sampai masalah lebih besar dari ilmu yang dimiliki, masalah lebih cepat dari cara kita belajar, masalah lebih hebat dan sikap kita menyelesaikan masalah dalam kehidupan kita.
Yuk rencanakan belajar…buat belajar lebih mudah dan menyenangkan,  sehingga tiada waktu yang terlewatkan selain semakin bertambah ilmu, bertambah iman, dan bertambah mulia akhlak…Aamiin.
Semakin tinggi standar  ilmu…seharusnya semakin tenang dan berkembang hidup ini. 
Selamat belajar…semoga Allah melimpahkan kita ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan berkah serta amal sholeh yang diterima…Aamiin Yaa Rabbal’alamiin.
#Aburuzaiqy

#standarilmu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s