Aku Rajin Menggosok Gigi

Tantangan 10 Hari Apresiasi Kemandirian

#Day6

Mengajarkan anak rajin menggosok gigi itu susah- susah gampang. Kuncinya adalah bagaimana menciptakan suasana yang menyenangkan agar anak mau rutin melakukan. Berikut adalah trik khusus untuk anak – anak setelah melewati aneka improvisasi, uji coba trial and error πŸ˜‰


1. Biarkan anak memilih sikat gigi dan pasta giginya sendiri

Sikat gigi anak biasanya berwarna-warni dengan bentuk tokoh kartun yang lucu. Pasta gigi anak juga biasanya memiliki rasa buah -buahan yang enak.
Saat berbelanja, saya biarkan anak- anak memilih bentuk sikat gigi dan rasa pasta gigi yang disukainya agar rutinitas menggosok gigi lebih menyenangkan bagi mereka. Favorit Akhtar adalah rasa strawberry, sedangkan Qaleef adalah rasa jeruk.

2. Jangan terlalu mempermasalahkan teknik menggosok gigi

Anak balita memang belum bisa menggosok gigi dengan teknik yang tepat, misalnya tidak menggosok gigi hingga ke garis gusi dan membersihkan sisa-sisa makanan di celah-celah gigiAgar bersih, memang dibutuhkan bantuan tangan orang dewasa Tapi jika mereka tidak mau dibantu, saya tidak pernah memaksa. Persuasif iya, saya tidak gampang menyerah, tapi jika kekeuh tidak mau, ya sudah. Saya tidak terlalu mempermasalahkan hal ini karena kebiasaan menggosok gigi adalah hal yang sangat baru bagi anak.

Target saya adalah bagaimana membangun kebiasaan menggosok gigi secara rutin. Setelah kebiasaan tersebut mulai terbentuk, saya mengajarkan teknik menggosok gigi yang tepat secara bertahap. Semakin banyak praktik menggosok gigi, harapan saya teknik menggosok gigi anak dapat berkembang seiring berjalannya waktu.

3. Menggosok gigi bersama-sama

Saya selalu menemani dan menggosok gigi bersama mereka. Agar mereka belajar dengan melihat teknik yang saya lakukan. Seperti gerakan naik turun dan melingkar, bagian depan, geraham atas bawah sampai terakhir menyikat lidah.

4. Memuji anak akan kebersihan giginya

Anak menyukai pujian atas usaha yang telah dilakukannya, sehingga ketika anak – anak selesai menggosok gigi, saya berikan pujian tentang giginya yang bersih dan nafas yang wangi.

5. Melihat video anak cara menyikat gigi

Saya tunjukkan video anak- anak tentang menyikat gigi yang bisa diakses di youtube. Jika memungkinkan, saya juga memutar videonya saat kami menyikat gigi bersama. Ada kalanya saya tunjukkan juga video akibat dari tidak menyikat gigi. Supaya anak memahami resikonya jika membiarkan makanan yang menempel di sela – sela gigi menjadi kuman – kuman yang bersarang, sehingga membuat gigi rusak dan nafas bau.

Itulah kelima trik dari saya. Semoga semakin memudahkan kita mendorong anak – anak untuk terus menjaga kebiasaannya menggosok gigi.

#Level2

#KuliahBunSayIIP

#MelatihKemandirian

Leave a Reply

