Aku Senang Cuci Tangan

Tantangan 10 Hari Apresiasi Kemandirian

#Day7
Menjaga kesehatan anak bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana. Salah satunya yaitu dengan mengajarkan kebiasaan baik untuk mencuci tangan. Secara fisik, kondisi anak-anak lebih rentan dengan penyakit dibandingkan dengan orang dewasa dikarenakan sistem kekebalan tubuh mereka masih lemah. Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang paling banyak bersentuhan dengan berbagai macam benda sehingga resiko penyebaran bakteri melalui tangan sangat tinggi. Mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar bisa meminimalisir resiko terkena penyakit dan penyebaran virus berbahaya. 


Langkah- langkah Mengajarkan Anak Untuk Mencuci Tangan Dengan Cara Yang Benar :


1. Langkah awal sebagai orang tua, kita harus memberikan penjelasan mengenai pentingnya mencuci tangan dan resiko apa saja yang dapat terjadi apabila kuman dan bakteri masuk ke tubuh kita. Dengan demikian anak-anak menjadi mengerti akan pentingnya mencuci tangan bagi mereka.


2. Ajarkan cara mencuci tangan yang benar pada anak dimulai dengan membasahi tangan anak sampai pergelangan menggunakan air. Lebih baik menggunakan sabun cair daripada sabun batangan. Menyabuni tangan dan membersihkannya di bawah air mengalir adalah cara yang sangat efektif untuk mencegah penularan penyakit. Penelitian menunjukkan, anak yang mencuci tangannya 4 kali sehari selama sekolah akan berkurang 24% hari dia absen karena sakit flu dan penyakit saluran pernapasan lain, dan berkurang 51% hari dia absen terkait kuman penyakit perut.


3. Membiasakan anak untuk tidak cepat-cepat ketika ia mencuci tangannya. Lakukan cuci tangan selama 20 detik. Ajarkan untuk menggosok serta membersihkan telapak tangan, sela-sela jari dan bagian kuku dengan menggunakan sabun. Apabila semua permukaan tangan, sela-sela jari dan kuku sudah dibersihkan secara menyeluruh menggunakan sabun maka langkah selanjutnya basuh tangan menggunakan air sampai bersih.


4. Ketika hendak menutup keran sebaiknya sebelumnya membasuh dulu keran dengan sabun dan air, agar kuman sebelum cuci tangan tidak menempel kembali pada tangan yang sudah bersih. Atau jika di tempat umum bisa menutup keran menggunakan tisu atau pembungkus lainnya.


5. Keringkan tangan menggunakan kain bersih atau tisu.


Langkah – langkah tersebut akan mudah jika kita sebagai orang tua turut memperlihatkan keseharian kita kepada anak – anak untuk selalu mencuci tangan. Ajak anak melakukannya bersama kita. Tunjukkan tahap-tahap mencuci tangan yang baik dan benar. Orang tua juga harus rajin-rajin mengingatkan saat anak lupa.


Children See, children Do


Waktu wajib bagi Akhtar dan Qaleef untuk mencuci tangan antara lain ; selepas bepergian (termasuk sepulang sekolah), sehabis bermain di tempat umum maupun di rumah, saat hendak makan, sebelum tidur, terlebih setelah buang air besar.


Saya juga memanfaatkan leaflet atau gambar-gambar kartun yang memperlihatkan proses dan manfaat cuci tangan sehingga anak mendapat gambaran yang lebih jelas.


Terapkan kebiasaan mencuci tangan pada anak sedari dini dan rasakan manfaatnya.


#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s