Olah Raga Sumber Bahagia

Tantangan 10 Hari Apresiasi Kemandirian

#Day9‎

Olah raga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh. Lebih dari itu, olahraga juga bisa membuat perasaan seseorang menjadi bahagia.

Mengapa?

Karena berolahraga mampu meningkatkan hormon endorfin atau yang dikenal dengan hormon kebahagiaan dan baik untuk otak kita. Sebaliknya, olahraga dapat mengurangi hormon kortisol yang memicu stres dan adrenalin dalam tubuh. Olahraga telah terbukti sebagai obat untuk mengatasi depresi dan rasa cemas.

Jika olah raga baik untuk orang dewasa, apakah sama efeknya pada anak- anak?

Tentu!‎

Selain mencegah risiko obesitas di masa kanak-kanak, anak yang terbiasa berolahraga juga diyakini lebih mudah menangkap pelajaran dibandingkan mereka yang tidak berolahraga. Hal itu karena olahraga tak hanya memberikan kekuatan yang lebih pada otot, tetapi juga otak anak. Salah satunya adalah meningkatkan memori.

Inilah alasan pentingnya kita mengajak anak- anak rajin berolahraga, TERATUR dan TERUKUR.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology baru-baru ini menunjukkan manfaat lain olahraga. Disebutkan bahwa olahraga juga dapat meningkatkan kemampuan visual otak.

Korteks visual, yaitu bagian di otak yang menerima dan memproses informasi visual dari mata, akan meningkat kinerjanya seiring dengan peningkatan aktivitas fisik. Hal ini tentu saja akan berimbas kepada semakin tajamnya penglihatan,” kata Dr. Claudia Lunghi, ahli neurosains di University of Pisa, Italia. Peneliti juga menyimpulkan, akan sangat mungkin bahwa olahraga memainkan peran penting dalam perawatan mata anak, seperti amblyopia, yang selama ini dikenal dengan istilah ‘mata malas’. Meski penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikannya, tidak ada salahnya jika kita mulai rajin mengajak anak berolahraga.

Semenjak pertengahan tahun lalu, saya memang rutin mengajak anak- anak lari pagi setiap Sabtu dan Ahad. Alhamdulillah anak- anak suka dan malah ketagihan. Saat lari pagi sekitar jam 6, kami mendapatkan udara pagi yang masih bersih dari kota Jakarta.

Yang paling membuat anak- anak menikmati aktivitas ini adalah sight seeing dan eksplorasi. Mereka bisa menyentuh ilalang, membasahi jari dengan embun pagi, bertemu beberapa teman- teman sebaya sampai menemukan kodok mati (ok, to be honest the last one is very creepy, but they can’t help it! Mereka dalam fase keingintahuan yang luar biasa!) Ada kaki seribu diamati, ada bunga putri malu disentuh, dsb.. dsb.. To them, IT’S FUN!

Sabtu dan Ahad menjadi hari yang paling mereka tunggu – tunggu.

Nah, beberapa kali weekend terakhir cuaca memang kurang mendukung, jika tidak hujan, mendung menggelayut manja. Saya absen membawa anak- anak lari pagi 🙁

Dan pagi ini, Akhtar bangun tidur tanpa dibangunkan seperti disaat hari – hari dia harus bersekolah. Dengan mata berbinar saat melihat matahari pagi menyeruak dari balik jendela, dia berkata : “Ayo mommy, kita jogging! Mataharinya udah maen- maen”

Unfortunately, saya tidak bisa memenuhi keinginannya pagi ini karena ada seminar yang harus saya hadiri.

Besok ya nak, insyaAllah.

#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian‎

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s