Why Learning to Learn is More Important than Ever

#AliranRasa #KelasBundaSayang #MelatihKemandirian

Bagi saya, tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik. Contohnya adalah melatih kemandirian pada anak. Kelas Bunda Sayang Melatih Kemandirian yang lalu membuat saya menyimpulkan bahwa sebelum menyiapkan anak- anak untuk mandiri, sebagai orang tua saya harus menyiapkan terlebih dahulu diri sendiri, untuk MANDIRI.

MANDIRI DALAM MENGAJARKAN ANAK KEMANDIRIAN.

Dulu, saya selalu berfikir, bahwa dibutuhkan kerja sama dari seluruh pihak yang ada di rumah untuk bisa berhasil menerapkan kemandirian. Terus terang saya tidak percaya diri jika harus memulai sendiri. Kalau begini bagaimana ya? Kalau begitu nanti bagaimana?

Belumlah dimulai perjuangan, saya sudah cemas duluan, yang akhirnya menyerah pada keadaan.

Mengikuti Kelas Bunda Sayang Melatih Kemandirian bagaikan instruction manual buat saya to learn how to and how important to raise independent kids.

Why learning to learn is more important than ever?

because it boosts confidence, is enjoyable and provides happiness, leads to a better quality of life and helps boost personal development. Learning is also about the way that it can influence a person’s life in positive ways such as happiness.
Learning is the key to achieving a person’s full potential. ‎

BERSUNGGUH-SUNGGUHLAH KAMU DI DALAM, MAKA KAMU AKAN KELUAR DENGAN KESUNGGUHAN ITU.

There is no other words to express my gratitude better than Alhamdulillahirabbil’alamin
Lahaulawalaquwaillabillah.

Akhtar, anak sulung saya, mau lepas pampers, makan sayur, sikat gigi 2 kali sehari, DENGAN KESADARAN SENDIRI. Tanpa disuruh- suruh, tanpa ancaman, tanpa reward berupa apapun.‎
Progress ini luar biasa, hanya dalam waktu sekitar 2 minggu, yang tadinya dia belum lepas pampers sama sekali kecuali saat sekolah, sikat gigi maunya malam hari, itupun kadang mau kadang tidak, makan sayur.. selalu menolak dengan alasan tidak enak.

Dan itu hanya beberapa contoh keberhasilan dari daftar kemandirian yang saya ajarkan pada anak- anak. Masih banyak lagi yang lain. Bukan hanya Akhtar, Qaleef (si bungsu) juga menunjukkan perubahan yang signifikan, meski di ranah yang berbeda.‎

Saya percaya bahwa semangat dan perasaan positif itu menular. Dan sudah terbukti! Dengan saya membuang segala kecemasan saya, saya memulai kembali semuanya dari awal. Ada target tentunya, tapi saya tidak pikirkan, saya lebih memilih menjalani dengan bahagia. Proses anak- anak menjadi mandiri adalah proses saya juga. Saya ingin menikmatinya bersama anak- anak. Apapun yang terjadi.

Belum berhasil? Ya ulang lagi!

Yang pasti konsistensi itu mutlak perlu.

Last but not least, seperti pepatah inggris yang sering disebutkan di buku- buku tulis.

“When there is a will, there is a way”

MasyaAllah.. ‎Ketika kita memutuskan untuk berjuang dan berusaha, Allah mudahkan semua‎ 😊

#MelatihKemandirian

#BundaSayang

#IIP

Leave a Reply

