Mommy’s Little Helper -Aliran Rasa

 

ALIRAN RASA KULIAH BUNDA SAYANG IIP

IMG-20170411-WA0001

For Things to Change, I Must Change First.

Dan untuk bisa mendapatkan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik ke anak – anak dan keluarga kita, mulailah dari diri kita terlebih dahulu. (Septi Peni)

Saya akui saya bukan ibu dengan manajemen rumah tangga yang luar biasa. Contoh soal, selama ini saya menemani bermain anak tanpa membuat jadwal harian yang begini begitu. Semua mengalir saja, saya ada ide apa, saya tawarkan pada anak-anak, atau anak- anak yang request bermain apa, jika tidak terlalu menyulitkan, ya saya fasilitasi saat itu juga.

Tapi semenjak saya mengikuti Kelas Bunda Sayang banyak hal yang BERUBAH. Saya jadi tahu bukan hanya WHAT TO DO tapi juga HOW TO DO. Terlebih saat mengerjakan tantangan 10 hari Family Project.

Family Project adalah sarana anak-anak belajar sesuatu, belajar hal baru melalui berbagai tema-tema yang kita kemas dalam berbagai project.

ACTIVITY + MANAGEMENT & ORGANIZATION = PROJECT

 

Mengutip dari bu Septi, yang membedakan Family Project dan aktivitas itu, adalah PEMBERIAN MAKNA.

Pemberian makna itu akan terjadi apabila kita tahu tujuan family project ini, ada yg dituju bersama, direncanakan baik-baik, dibagi perannya dll

Berikut sekilas Family Project kami dalam tantangan 10 hari :

1. Beberes Mainan

Family Project pertama ini membutuhkan effort lebih saat melibatkan anak-anak. Tantangannya adalah bagaimana saya bisa membuat mereka terlibat dengan bahagia. Saya harus kreatif memberikan ide pada mereka cara menyimpan mainan yang menarik dan mudah dieksekusi, untuk kemudian diwujudkan bersama. Tujuan Fampro ini supaya mereka bertanggungjawab terhadap mainannya sendiri dan kebersihan rumah selepas mereka bermain.

Efek positif dari Fampro ini ternyata tidak hanya berhenti di lingkungan rumah saja. Hari ini saya membawa anak – anak ke suatu barber shop. Melihat banyak rambut berserakan di lantai, Akhtar berinisiatif mengambil sapu dan cikrak yang terletak di sudut ruangan 😆

17-04-15-15-04-21-850_deco

Akhtar lebih ringan tangan dalam membantu beberes, baik di rumah maupun di sekolah – ini ustadzahnya sendiri yang bercerita saat progress report akhir Maret yang lalu. Dengan diberikan peran, dia jadi lebih bertanggungjawab dan berinisiatif.

 

2. Cinta Sedekah

Tujuan fampro ini adalah menanamkan anak- anak gemar bersedekah sejak dini dan lebih perhatian pada orang lain. Belajar mensyukuri apa yang telah dimiliki dan belajar berempati.

3. Good Manners

Children have never been very good at listening to their elders, but they have never failed to imitate them. – James A. Baldwin –

Supaya anak- anak bersikap baik, saya dan suami khususnya harus memberikan teladan bersikap baik.

4. Fun Cooking

Tujuan dari fampro ini selain quality time with family adalah supaya anak- anak belajar menghargai proses. Bahwa tidak ada yang instan di dunia ini. Mereka mau tidak mau harus menjalani setiap tahapan dalam menghasilkan sebuah masakan.

5. Kids Plant Project

Mengajarkan anak untuk menanam & merawat tumbuhan akan mendorong jiwa anak agar dapat membangun emosional yang baik untuk perkembangan diri anak. Anak dapat belajar mengasihi, menyayangi serta peduli sesama. Ketika merawat tanaman, anak terlatih untuk sabar agar tanaman tumbuh dengan subur dan tidak mati.

Saya memang sengaja memilih fampro dari hal- hal sederhana tapi harapannya bisa berefek luar biasa bagi perkembangan pribadi anak- anak.

It takes wisdom of elder and young people energy

17-04-15-17-04-41-542_deco

Yuk, jadi perancang pengalaman 😉

 

Vivi Erma 🤗

 

#MyFamilyMyTeam

#KuliahBunsayIIP

#FamilyProject

#AliranRasa

 

 

2 thoughts on “Mommy’s Little Helper -Aliran Rasa

Leave a Reply

