Aliran Rasa : Don’t Teach Me, I Love to Learn

DON’T TEACH ME, I LOVE TO LEARN

Bukan Mengajar, Tapi Pahami Cara Anak Belajar


Melakoni tantangan 10 hari Gaya Belajar Anak, membuat saya kilas balik ke masa lalu,  duh! Andai dulu saya mendapatkan pendidikan dasar strategi Student Centered Learning, terbayangkan banyak hal yang bisa saya raih saat ini. Berapa banyak waktu yang terbuang percuma karena saya “terpaksa” mempelajari terlalu banyak pelajaran yang saya tidak suka ðŸ˜

Note: Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada para guru yang telah mendedikasikan hidupnya mengajar anak didiknya dengan peluh lelah tanpa tanda jasa. 

Tapi saya, satu dari sekian banyak yang mengkritisi pendidikan di Indonesia. Kapan ya Indonesia bisa seperti negara maju (baca: Finlandia) sebagai kiblat. Harus ada yang berubah. Ketika saya tidak bisa memaksa bangsa ini berubah, SAYALAH YANG HARUS BERUBAH. Saya tidak ingin anak- anak menyia-nyiakan potensi/ kemampuan dirinya hanya karena tidak semua sekolah mampu melihat itu dengan sistem pendidikan saat ini.

Bukankah kehidupan sejati kita manusia adalah seorang pembelajar? Tetapi kita sering memberikan perlakuan yang  tidak menyenangkan saat anak belajar (secara tidak sadar). Wiring kita memberikan anak stimulasi yang salah sehingga belajar menjadi tidak menyenangkan.

Dari proses mengamati Gaya Belajar Anak, saya sepakat bahwa masing- masing anak itu unik. Dan PR saya adalah membuat anak – anak mengenal dirinya sendiri dulu. Tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya sebagai orangtua memegang peranan penting dalam menyampaikan pesan ini kepada anak.

Jika anak tahu bahwa mereka tidak dibandingkan satu sama lain, atau bahkan dengan orang lain, maka tidak ada beban psikologis saat diminta untuk berprestasi. Efek positifnya, anak akan lebih leluasa menggali dan mengembangkan semua potensi yang ada dalam diri. Selanjutnya, tinggal tanamkan dalam diri mereka bahwa mereka mampu dan memiliki kesempatan untuk terus menjadi lebih baik lagi dari hari ini, asal saja mereka mau. Jika ada kemauan, pasti ada jalan. 

I do not try to dance better than anyone else. I only try to dance better than myself. ~ Mikhail Baryshnikov


#gamelevel4

#gayabelajaranak

#bundasayang

#iip

#kuliahBunsayIIP

Leave a Reply

