Le Petit Prince

Setelah berkutat dengan buku yang sama selama tiga hari (My Busy Book), akhirnya anak- anak berhasil dialihkan pada buku yang lain. Apakah itu?

Tadaaa …

Fyi : Review buku ini beserta foto saya ambil dari sini

http://resensibukuseru.blogspot.co.id/2016/11/kisah-bijaksana-dari-pangeran-kecil.html

KISAH BIJAKSANA DARI PANGERAN KECIL


Pangeran Kecil atau Le Petit Prince merupakan kisah klasik dunia yang sangat terkenal. Meski ditujukan sebagai bacaan anak-anak, novel karya  Antoine de Saint-Exupéry ini rupanya memiliki makna mendalam yang juga dapat diresapi oleh pembaca dewasa. Novel ini diterbitkan pertama kali di Prancis tahun 1943. Sudah lama, ya! Namun, isinya masih berterima dengan pembaca masa kini.

Kisahnya sepanjang masa ini telah diterjemahkan, diterbitkan ulang, dan direproduksi ke dalam berbagai media. Kisah ini pun diangkat ke dalam buku berformat picture book, yakni seri Dongeng Animasi 3D terbitan Bhuana Ilmu Populer (BIP). Dalam buku ini, cerita Pangeran Kecil berdampingan dengan ilustrasi penuh warna yang disukai pembaca anak.


Kisah yang disampaikan memang unik. Cerita dimulai dengan curahan hati seorang narator yang saat kecil gambarnya disalahpahami oleh orang dewasa. Saat berusia 6 tahun, sang narator membuat sebuah gambar ular boa yang menelan gajah bulat-bulat sambil mencernanya perlahan. Namun, orang dewasa tidak memahami gambarnya. Semua selalu mengatakan bahwa itu adalah gambar topi. Namun, hal itu membuatnya kecewa dan mematikan semangatnya untuk menjadi seorang pelukis. Dia pun berhenti menggambar.

(Dari pembuka ceritanya saja, kita sebagai orang dewasa dihadapkan pada kenyataan bahwa, kita sering kali tak mengerti jalan pikir anak, dan akhirnya membuat kesimpulan sendiri tentang yang dilakukan anak. Padahal, hal itu malah mematikan kreativitas dan semangat anak.)

Cerita dilanjutkan dengan pertemuan sang narator dengan Pangeran Kecil. Pangeran Kecil memang unik. Dia tidak tinggal di Bumi. Namun, dia datang dari planetnya sendiri, yang ukurannya begitu kecil, sampai-sampai dia bisa melihat matahari terbenam hingga 44 kali. Di planet itu, terdapat satu tangkai bunga mawar yang hidup dan selalu menggerutu. Pangeran Kecil tentu dengan sabar memeliharanya. Namun, apa pun yang dilakukan Pangeran Kecil tak juga membuat bunga mawar puas. Dia selalu saja menggerutu. Akhirnya, karena jengah, Pangeran Kecil pun pergi meninggalkan planet beserta bunga mawarnya. Dia pergi menjelajah ke planet-planet lain.

Di planet pertama, dia bertemu dengan raja yang merasa memiliki banyak kekuasaan. Di planet berikutnya, dia bertemu dengan lelaki gila hormat yang merasa dirinya paling hebat, paling kaya, dan paling pintar di planet itu. Padahal, planet itu hanya ada dia seorang. Dia pun berkelana ke planet-planet lain, sampai akhirnya sampai di Bumi.

Di Bumi, dia menemukan taman dengan lebih dari 5.000 bunga mawar. Wujudnya sama persis dengan yang dia tinggalkan di planetnya. Tak lama, dia bertemu dengan seekor rubah yang membuatnya paham akan apa yang dimaksud dengan arti jalinan hubungan. Meski banyak bunga seperti miliknya, dia pun menyadari bahwa bunga yang ada di panetnya adalah bunga yang istimewa karena dia menyiraminya sendiri, merawatnya, melindunginya. Dan karena itu, bunganya adalah satu-satunya yang ada berharga di dunia ini baginya. Sebab itu, Pangeran Kecil memutuskan untuk kembali ke planetnya untuk menjaga bunga mawarnya.

Itulah kebijaksanaan yang ingin disampaikan pengarang melalui tokoh Pangeran Kecil. Kita menjadi tahu arti pentingnya jalinan hubungan, entah itu pertemanan atau keluarga.

Dongeng Animasi 3D merupakan seri buku dongeng yang berisikan kisah-kisah klasik karya sastra dunia yang ditulis oleh pengarang terkenal. Kisah-kisah seperti Cinderella, Putri Tidur, Alice di Negeri Ajaib, dikemas ke dalam buku berjenis picture books. Keistimewaan lainnya, buku ini menggunakan ilustrasi dari animasi yang terlihat nyata. Dengan berwujud tiga dimensi, ilustrasinya pun terlihat lebih hidup sehingga menolong anak untuk mengembangkan imajinasi dan memahami cerita dengan baik.

Tak hanya kisah yang menyentuh hati, di dalam buku ini juga terdapat pembahasan cerita, sehingga pembaca anak dapat memahami makna yang ingin disampaikan sang penulis. Terdapat pula informasi penting yang berkaitan dengan cerita, aktivitas games gambar, dan kata. Video animasi pun disediakan dengan cara memindari qr code yang disajikan di awal buku.


Hal yang paling menarik dan merupakan nilai utama dalam buku ini adalah augmented reality. Augmented reality ini sempat populer pada permainan Pokemon Go. Nah, di buku ini, augmented reality yang ditawarkan adalah interaksi yang unik antara buku dan ponsel Android. Anak diajak mewarnai lembar mewarnai lalu memindainya dengan kamera ponsel melalui aplikasi Dongeng Animasi 3D yang ada di Play Store.


Jadi kesimpulannya, buku ini tak hanya menawarkan cerita menarik, tapi juga segudang informasi, aktivitas, video, dan Augmented Reality. 


Vivi Erma 😊

#Buku4

#GameLevel5

#Tantangan10Hari

#KuliahBunSayIIP

#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s